11 comments on “Operation Process Chart (OPC), Assembly Process Chart (APC), dan Bill Of Material (BOM)

  1. oiyaa ga OPC sama APC kok hampir sama ya ??
    setau ane OPC itu bergerak dari kiri atas menuju ke kanan bawah hingga mencapai inspeksi.
    sedangkan Assembly Chart bergerak dari kiri (terdiri dari banyak komponen) menuju ke kanan (hingga menjadi produk ) .
    gini mas,bisa ga mas buat contoh kasus seperti pembuatan produk ( produk apa aja ) lalu mas buat OPC,Assembly chart dan BOM nya . .

    Thanks

  2. oiyaa gan OPC sama APC kok hampir sama ya ??
    setau ane OPC itu bergerak dari kiri atas menuju ke kanan bawah hingga mencapai inspeksi.
    sedangkan Assembly Chart bergerak dari kiri (terdiri dari banyak komponen) menuju ke kanan (hingga menjadi produk ) .
    gini mas,bisa ga mas buat contoh kasus seperti pembuatan produk ( produk apa aja ) lalu mas buat OPC,Assembly chart dan BOM nya . .

    Thanks

    • Kalau OPC bergerak dari kiri ke kanan dan Assembly Chart bergerak ke kanan juga ane belum pernah tau sumber yang kaya gitu gan (mungkin ane kurang referensi).
      Yang ane pelajarin dari buku karya Wignjosoebroto Sritomo, Iftikar Sutalaksana, dan Vincent Gaspersz ya seperti itu, seperti yang ane pelajarin di kelas juga.
      Untuk contoh kasus, mas bisa lihat langsung contoh OPC, APC, Struktur Produk, dan BOM di atas, saling terintegrasi kok.
      Itu contoh kasus sederhana waktu saya buat jemuran handuk.

Tinggalkan Balasan

